Kemiskinan | Author : Dinas Sosial

Peningkatan UEP (Usaha Ekonomi Produktif) dan Bantuan Sosial kepada Penyandang Cacat Produktif

“Peningkatan UEP (Usaha Ekonomi Produktif) dan Bantuan Sosial kepada Penyandang Cacat Produktif ”

Pembangunan Kesejahteraan Sosial khususnya Penyandang Cacat di Kabupaten Wonogiri TA. 2012, merupakan wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan harkat dan martabat warga masyarakat. Upaya mengangkat derajat kesejaheraan sosial tersebut dapat dipandang sebagai bagian dari investasi sosial yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga mampu menjalankan tugas-tugas kehidupannya secara mandiri sesuai dengan nilai-nilai yang layak bagi kemanusiaan.

Pembangunan kesejahteraan sosial memiliki ciri khas di banding pembangunan lainnya, karena berkaitan dengan upaya mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial dan meningkatkan potensi sumber kesejahteraan sosial. Alur masing-masing program memiliki tingkat pelaksanaan yang berbeda-beda, dengan tujuan akhir disesuaikan dengan kemampuan sasaran kelayannya (penyandang masalah).

Secara teknis Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri melaksanakan Pembangunan Kesejahteraan Sosial khususnya Penyandang Cacat  yang mencapai angka 13.834 jiwa melalui sistem penanganan Non Panti maupun Sistem Panti, salah satunya melalui Program Kegiatan Peningkatan UEP (Usaha Ekonomi Produktif) dan Bantuan Sosial kepada Penyandang Cacat  Produktif yang bersumber pada Dana APBD TA. 2012, dengan sasaran program adalah Para Penyandang Cacat Produktif di Kabupaten Wonogiri .

Adapun bentuk kegiatan pada Peningkatan UEP (Usaha Ekonomi Produktif) dan Bantuan Sosial kepada Penyandang Cacat  Produktif ini adalah Pemberian Bantuan kepada 14 orang Penyandang cacat produktif  @ Rp. 300.000,- dilaksanakan di Kec. Jatipurno pada tgl 11-05- 2012.